Cara Mengatasi Kista Bartholin

Cara Mengatasi Kista Bartholin

Cara Mengatasi Kista Bartholin – Kista Bartholin merupakan tumor yang berbentuk benjolan yang tumbuh di kelenjar Bartholin. Kelenjar bartholin adalah dua buah organ berukuran kecil yang berada dibawah lipatan pada bibir vagina. Kelenjar ini memproduksi cairan pelumas untuk melembabkan vagina dan mencegah vagina dari kekeringan. Umumnya kista yang tumbuh pada bartholin dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Ukuran kista yang kecil tidak akan menimbulkan rasa sakit dan gejala lainnya,tetapi jika kista tersebut ukurannya besar dapat menimbulkan gejala-gejala tertentu dan mungkin akan dibutuhkan penanganan khusus.

Cara Mengatasi Kista Bartholin

Kista bartholin disebabkan oleh penyumbatan saluran bartholin sehingga cairan tersebut menumpuk. Sedangkan Abses Kelenjar Bartholin adalah kondisi ketika kelenjar bartholin atau saluran bartholin mengalami infeksi yang dapat disebabkan oleh bakteri dan virus. Kista bartholin dapat membesar setelah berhubungan seksual,karena pada saat berhubungan seksuakl. Kelenjar Bartholin memproduksi cairan atau pelumas lebih banyak dari biasanya. Kista bartholin juga dapat menimbulkan rasa tiodak nyaman saat duduk ataupun berjalan.

Kista Bartholin juga dapat menimbulkan beberapa gejala berikut:

1. Munculnya benjolan dan cairan
2. Area vulva mengalami pembengkakan
3. Timbulnya rasa sakit, sehingga sulit melakukan aktifitas sehari-hari
4. Mengalami demam

Faktor yang akan meningkatkan risiko terkena kista bartholin :
1. Wanita yang sedang mengalami kehamilan
2. Wanita yang menderita diabetes
3. Wanita yang memiliki infeksi menular seksual atau wanita yang melakukanh seks bebas atau seks tanpa pengaman.

Diagnosis Kista Bartholin

Pada tahap awal, dokter akan menanyakan tentang informasi riwayat kesehatan pasien. Lalu dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Umumnya kista bartholin ini hanya tumbuh pada satu sisi bibir vagina saja. Dokter juga akan memeriksa daerah panggul dan mengambil sampel dari cairan vagina untul mengetahui penyebab dari kista bartholin dan mengetahui ada atau tidaknya infeksi menular seksual.

Mengatasi Kista bartholin

Ukuran kista bartholin yang kecil tidak dan tidak terinfeksi membutuhkan penanganan khusus sehingga dapat melakukan perawatan di rumah dan tidak memerlukan obat-obatan tertentu. Namun jika jika ukuran kista tersebut besar dan menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit ataupun terjadi infeksi dokter akan merekomendasikan beberapa cara sebagai berikut :

  • Pemasangan Katerer
    Dokter akan memasangkan alat kateter untuk mengeluarkan abses. Metode memasukan kateter yang diujungnya terdapat balon yang mengembang melalui sayatan kecil. Balon tersebut berguna untuk menjaga kateter agar tidak lepas dan bisa bertahan selama 2-6 minggu.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri
    Ibuprofen dan paracetamol merupakan obat yang dapat anda konsumsi untuk mengurangi rasa sakit. Namun, anda harus berkonsultasi tentang dosis dan penggunaan obat tersebut. Selain itu, jika kista bertambah besar dan menimbulkan rasa sakit sebaiknya nda segera mengunjungi rumah sakit terdekat.
  • Obat Antibiotik
    Obati ini berguna untuk menghilangkan infeksi pada benjolan/kista yang terinfeksi. Obat ini juga dapat digunakan untuk wanita yang memiliki penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS). Beberapa obat antibiotik yang sering digunakan antara lain Amoxilin, Erythromlcyn, Cefadroxll,Tetraslklln, dan Clprofloxaciln.
  • Marsupialisasi Kista
    Meotde ini akan mengeluarkan cairan kista dengan cara membuat sayatan/irisan pada kista kemudian menjahgit ujung kista tersebut pada kulit agar kista tidak muncul kembali. Metode ini dapat dikombinasika bersama dengan Pemasangan Kateter.
  • Pengangkatan Kelenjar Bartholin
    Metode ini dilakukan jika metode yang lain tidak menimbulkan hasil. Dokter akan memberikan bius umum pada pasien sebelum melakukan pengangkatan kelenjar Bartholin.

Selain beberapa metode diatas, ada juga metode yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kista bartholin. Yaitu dengan mengkonsumsi Walatra Jelly Gamat. Produk herbal ini terbuat dari ekstrak teripang emas pilihan yang diolah secara modern menggunakan teknologi NANO.  Teripang mengandung Philinopside E atau PE,  Frondoside A, Saponin dan Polisakarida yang berfungsi untuk menghambat dan menghancur kista,sel kanker dan tumor secara alami. Walatra Jelly Gamat juga telah terdaftar di BPOM dengan No.register TR 173301471 dan lulus sertifikasi HALAL di Majelis Ulama Indonesia. Anda tertarik dengan produk ini? silahkan klik tautan berikut untuk informasi lengkap produk dan cara pemesanan walatra Jelly Gamat –> Obat Penghancur Kista di Apotik

Baca juga :

Kista Ginjal

Jenis-jenis Kista

Obat Kista Epidermoid

Penjelasan Tentang Kista Ganglion 

Obat Kista Bartholin di Apotik

Mengobati kista bartholin Kista bartholin Penyebab kista Bartholin Pengertian Kista Bartholin Diagnosis Kista Bartholin Benjolan pada vagina Benjolan pada kelamin

Cara Mengatasi Kista Bartholin

1 Trackback / Pingback

  1. 12 Cara dan Tips Mengecilkan Miom Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*