Cara Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Cara Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Cara Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita – Hallo ladies.. Tahukah kamu penyakit yang sering dialami oleh wanita saat ini? Ya, akhir-akhir ini di dunia kesehatan sering kali ditemukan penyakit yang menyerang organ intim wanita. Diantaranya adalah seperti kista, miom, peradangan, kanker serviks, dan penyakit lainnya yang menyerang organ intim wanita. Hal ini biasanya diakibatkan karena mereka yang kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan organ intimnya, dan jika kebiasaan itu tidak segera dihentikan bisa saja mengancam kesehatan kamu.

Dan perlu kamu ketahui juga bahwa kesehatan pada organ intim wanita itu sangatlah berpengaruh akan banyak hal. Diantaranya adalah berpengaruh terhadap kualitas kesuburan, aktivitas seksual dan kondisi dimana wanita mencapai orgasme. Dan jika organ intim tersebut terserang sebuah penyakit maka tidak hanya berpengaruh terhadap vagina nya saja, hal itu juga memengaruhi kehidupan sosial, seperti kehilangan rasa percaya diri dan stres.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Jadi bagaimanakah cara menjaga kesehatan organ intim wanita? Caranya bisa terbilang mudah jika kamu melakukannya secara rutin. Dan berikut inilah caranya :

  • Perhatikan kebersihan setelah buang air

Baik setelah buang air kecil atau Buang Air Besar, basuhlah organ intim kamu dengan menggunakan air bersih dari arah depan ke belakang, supaya tidak ada bakteri dari bagian anus yang masuk ke vagina. Dan sebisa mungkin basuhlah dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk bersih, agar kondisi area tersebut tidak lembap.

  • Jangan menggunakan air selang langsung untuk membersihkan vagina

Jika kamu akan membersihkan organ intim dengan menggunakan air selang, maka arahkanlah ke bagian depan vagina secara perlahan supaya air turun sehingga bakteri dan kuman pun tidak mudah masuk ke organ vagina.

  • Hanya bersihkan bagian luar organ intim

Karena organ intim wanita bagian dalam memiliki kemampuan untuk membersihkan bagiannya sendiri, maka kamu hanya perlu bersihkan bagian luarnya saja.

  • Hindari pemakaian parfum

Walaupun parfum memiliki aroma yang wangi dan enak untuk dihirup, namun tetap saja hindarilah pemakaian parfum pada bagian vagina, karena kandungan kimia dalam parfum dapat menimbulkan infeksi dan iritasi.

  • Hindari sabun yang mengandung pewangi

Untuk pemakaian sabun saya sarankan pilihlah sabun yang mengandung bahan-bahan alami tanpa kimia, dan hindarilah sabun yang mengandung pewangi. Karena dengan kandungan tersebut bisa menyebabkan iritasi pada organ intim anda bahkan bisa jadi lebih parah dari itu.

  • Hindari pembalut yang mengandung pewangi

Selain sabun, saat menstruasi pun kamu harus perhatikan pembalut yang kamu pakai. Dan sebisa mungkin hindari pembalut yang mengandung pewangi karena dapat memicu timbulnya iritasi dan bakteri pada area vagina kamu. Jadi secepatnya segeralah ganti pembalut anda dengan yang mengandung bahan alami seperti daun sirih.

  • Sering mengganti pembalut

Saat memasuki masa menstruasi ada baiknya selalu bawalah pembalut cadangan, karena tidak baik jika pembalut digunakan terlalu lama. Dan gantilah pembalut minimal 3-4 jam sekali, jangan menggunakan pembalut lebih dari 6 jam karena sangat beresiko mengundang bakteri dan kuman.

 

INGIN MENINGKATKAN KUALITAS KESUBURAN ORGAN INTIM ANDA?

 

  • Gunakan tisu tekstur lembut untuk mengeringkan vagina

Jika vagina anda dalam keadaan lembap, keringkanlah dengan tisu yang bertekstur lembut supaya terhindar dari iritasi kulit. Karena jika kamu salah menggunakan tisu, hal itu dapat membuat serat-serat tisu menempel pada area vagina dan menyebabkan rasa gatal sekaligus menjadi tempat bersarangnya bakteri dan jamur pada area tersebut.

  • Pemilihan pakaian dalam

Pilihlah pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun agar mudah menyerap keringat dan nyaman dipakai. Sehingga sangat kecil resiko terkena bakteri dan kuman.

  • Perhatikan kebersihan pakaian dalam

Selalu perhatikanlah kebersihan pakaian dalam kamu, minimal gunakalan sabun cuci yang lembut dan tidak mengandung deterjen. Karena sisa-sisa sabun akibat deterjen pun sangat berpengaruh terhadap kesehatan vagina.

  • Hindari pakaian dalam yang ketat

Gunakanlah pakaian dalam yang sesuai dengan ukuranmu dan yang membuatmu nyaman, jika ukuran pakaian dalam sudah mengecil segeralah ganti dengan yang baru. Jika hal ini tidak diperhatikan maka dapat mengganggu sirkulasi udara pada area organ intim kamu.

  • Bersihkan organ intim sebelum dan sesudah berhubungan seksual

Hal ini sangat penting untuk kita perhatikan supaya terhindar dari penyebaran bakteri atau kuman dari pasangan seksual kita, karena bisa saja terdapat bakteri dan kuman pada organ kelaminnya yang sewaktu-waktu menular ke bagian organ intim kamu.

  • Menggunakan vaksin HPV

Perawatan vaksin ini bertujuan untuk melindungi organ intim dari kanker serviks yang disebabkan oleh virus Human papillomavirus (HPV) . Perlu diketahui bahwa virus HPV ini tidak hanya diakibatkan melalui hubungan seksual saja, namun dari dudukan toilet yang kotor juga bisa menjadi penyebabnya. Vaksinasi ini dapat diberikan kepada seseorang mulai dari umur 9-24 tahun dan dapat berhasil mencegah munculnya kanker serviks hingga 100%.

  • Rutin memotong rambut kemaluan

Kegiatan memotong rambut kemaluan sangatlah perlu dilakukan, hal ini berfungsi supaya terhindar dari bersarangnya keringat tubuh yang menyebabkan bau apek. Jadi potonglah rambut kemaluan kamu jika sudah gondrong dan dianjurkan harus berhati-hati saat memotong rambut kemaluan.

  • Menjaga asupan makanan 

Jagalah asupan makanan yang biasa kamu konsumsi karena makanan juga bisa memicu timbulnya masalah pada organ intim wanita. Dan sebisa mungkin hindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein, alkohol dan obat-obatan ilegal.

Sekianlah informasi pada hari ini, semoga bermanfaat dan semoga kamu bisa menjaga kesehatan organ intim ya. Dan tonton juga pembahasan mengenai bahaya penyakit kista dan miom bagi wanita disini

Dan jangan lewatkan informasi menarik lainnya di–> Obat Penghancur Miom dan Kista di Apotik

Baca juga :

Obat Kemaluan Keluar Nanah Pada Pria dan Wanita di Apotik

Obat Rahim Bengkak di Apotik

Cara Mencegah Penyakit Kista Payudara

Bahaya Kista Bila Tidak Dioperasi

Beberapa Cara Untuk Mengatasi Kista

Cara Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

1 Trackback / Pingback

  1. 10 Dampak Buruk Akibat Kurang Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*