Faktor Penyebab Kista Ovarium

Faktor Penyebab Kista Ovarium

Faktor Penyebab Kista Ovarium – Semua wanita bisa berisiko untuk menderita kista ovarium. Kista ovarium adalah tumor jinak yang berbentuk kantung yang beroso cairan yang disebabkan oleh penumpukan sel telur pada masa ovulasi. Umumnya kista ovarium akan muncul pada masa menstruasi dan akan hilang dnegan sendirinya tanpa perlu diobati. Namun, terkadang kista ovarium bisa terus tumbuh dan membesar sehinggaa menyebabkan wanita mengalami gangguan kesehatan. Gejala yang ditimbulkan oleh kista ovarium antara lain :

  1. Rasa sakit pada payudara
  2. Rasa nyeri saat melakukan hubungan seksual
  3. Sulit dan sakit saat buang air besar
  4. Timbul rasa nyeri pada daerah pinggul
  5. Pembengkakkan pada perut bagian bawah
  6. Mual dan muntah

Faktor Penyebab Kista Ovarium

Namun ada pula beberapa faktor yang dapat meningkatkan wanita berisiko mengalami kista ovarium, yaitu :

1. Endometriosis

Endoteriosis adalah kondisi dimana terjadinya penumpukan jaringan diluar rahim, padahal jaringan tersebut seharusnya melapisi dinding rahim. Biasanya jaringan dinding akan menebal ketika wanita mengalami ovulasi. Hal ini dikarenakan persiapan dari rahim agar calon janin bisa menempel pada saat pembuahan. Tetapi jika tidak terjadi pembuahan, jaringan rahim yang menebal akan luruh dan keluar dari tubuh melalui vagina dalam bentuk darah. Proses ini juga dikenal dengan nama Menstruasi.

2.Poly Cyst Ovarium Syndrome (PCOS)

PCOS adalah kelainan hormon pada wanita. Wanita yang mengalami Sindrom Ovarium polikistik (PCOS) memiliki risiko tinggi terserang kista ovarium. PCOS terjadi ketika tubuh memproduksi sedikit hormon untuk membantu folikel didalam ovarium agar melepaskan sel telur. Hal tersebut bisa menyebabkan munculnya kista folikel. indrom Ovarium polikistik juga bisa mengganggu kesehatan dan produksi hormon wanita.

3.Usia

Wanita yang berusia 14-50 tahun atau dalam masa pubertas hingga menopause memiliki risiko paling tinggi untuk terserang kista ovarium. Karena pada periode pubertas sampai menopause wanita masih mengalami haid atau menstruasi. Ketika masa menstruasi, kista ovarium akan terbentuk. Tetatpi tidak akan menjadi masalah jika kista tersebut bisa hilang dengan sendirinya, ukuranya tidak membesar, dan tidak menimbulkan gejala.

Kista ovarium jarang ditemukan pada wanita yang telah mengalami menopause. Tetapi, wanita yang memiliki kista ovarium setelah menopause, memiliki risiko yang tinggi untuk terserang kanker ovarium. Ada beberapa jenis kista yang dapat tumbuh pada saat usia produktif. Tetapi kista yang sering muncul adalah jenis kista fungsional. Jenis kista fungsional dibagi menjadi 2, yaitu kista folikel dan kista korpus luteum.

4.Penyubur kandungan

Obat penyubur kandungan seperti gonadotropin,letrozole atau clomiphene bisa membantu wanita selama masa ovulasi. Obat ini akan mempengaruhi kestabilan hormon didalam tubuh. Penggunaan obat penyubur kandungan bisa menyebabkan penumpukal sel telur, sehingga dapat memicu kista ovarium yang jumlahnya banyak dan ukurannya relatif besar.

5. Keturunan

Wanita yang pernah mengalami kista ovarium dan keluarga yang memiliki riwayat kista ovarium akan berisiko lebih tinggi terserang kista ovarium. Hal ini dikarenakan penyakit kista ovarium bisa diturunkan pada generasi selanjutnya.

6. Kemoterapi menggunakan Tamoxifen

Tamoxifen adalah salah satu obat kista yang berfungsi untuk mengobati kanker payudara yang telah mengalami penyebaran ke bagian tubuh yang lain. Wanita yang menjalani kemoterapi menggunakan tamoxifen berisiko tinggi terserang kista ovarium. Karena obat Tamoxifen tersebut mempengaruhi hormon estrogen.

Itulah beberapa faktor pemicu kista ovarium. Meski terkadang kista ovarium tidak bisa hindari, kita masih bisa mengobatinya. Anda menderita kista ovarium? jangan khawatir, saya akan memberikan solusi. Yaitu dengan cara mengkonsumsi Produk Herbal QnC Jelly Gamat. Produk ini dibuat dari ekstrak teripang yang produksi secara modern, produk ini mengandung E philinopside atau PE yang merupakan senyawa yang terdapat dalam kandungan saponin. Senyawa ini berfungsi untuk menghambat dan menghancurkan sel-sel kanker maupun tumor secara alami. QnC Jelly Gamat juga memiliki sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia dan terdaftar sebagai produk yang aman dikonsumsi di Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan No. Register TR 173301471. Anda masih ingin mengetahui informasi lengkap dari produk dan cara pemesanan QnC Jelly Gamat ? silahkan klik tautan berikut —> Obat Penghancur Kista di Apotik

Tonton juga video kesehatan mengenai :

Artikel Terkait : 

Biaya Operasi Kista Ovarium
Cara Mudah Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami
Perbedaan Kista dan Miom
10 Buah-buahan Untuk Miom Dan Kista Yang Mudah Didapatkan
Jenis Kista Ovarium

Pemicu kista Penyebab Kista Kista Ovarium

Faktor Penyebab Kista Ovarium

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*