Jenis Kista Ovarium

Jenis Kista Ovarium

Jenis – Jenis Kista Ovarium – Banyak wanita yang mengidap kista ovarium pada alat reproduksi mereka, tetapi kebanyakan kondisi kistanya tidak berbahaya. Sehingga tidak memerlukan perawatan medis. Namun, ada pula kista yang bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. Jika ukuran kista kecil, umumnya tidak akan menimbulkan gejala. Namun jika ukurannya sudah cukkup besar, bisa menimbulkan gejala-gejala tertentu seperti :

  1. Perut mengalami pembengkakkan atau membesar
  2. Merasa Mual dan muntah
  3. Sulit buang air besar atau sembelit
  4. Dorongan ingin buang air kecil terlalu sering
  5. Pendarahan
  6. Rasa Sakit pada panggul
  7. Nafsu makan terganggu

Jenis Kista Ovarium

Ukuran kista beragam. Bisa sekecil kacang polong dan bisa lebih besar dari buah tomat. Jika ukuran miom sangat besar, dokter akan merekomendasikan anda untuk menjalani operasi. Biaya operasi kista ovarium juga beragam. Bergantung pada metode operasi dan jenis layanan kesehatannya. Untuk pasien BPJS biaya yang dibutuhkan sekitar 4-10 Juta rupiah, sedangkan untuk pasien NON-BPJS biaya yang dibutuhkan berkisar antara 10-44 juta rupiah. Tahukah anda,ternyata kista memiliki beberapa jenis? amri simak info berikut. Jenis-jenis kista ovarium :

A. Kista Fungsional

Kista yang tumbuh pada permukaan ovarium selama masa ovulasi. Ummumnya kantung akan melepaskan sel telur yang matang, namun ada pula kantung yang tidak melepaskan sel telur. Sel telur yang tidak dilepaskan tersebut terus membesar.Lalu terbentuklah kista yang berisi cairan. Kista Fungsional dibagi menjadi 3. yaitu :

1. Kista Corpus Luteum

Kista yang tumbuh dan berkembang pada paruh kedua dari siklus menstruasi. Ketika folikek melepaskan telur, akan menjadi kelenjar yang memproduksi hormom estrogen dan progesteron untuk menyiapkan pembuahan pada rahim. Folikel yang tetap berkembang akan terisi oleh darah atau cairan kental, dan dapat tumbuh hingga 10 cm. Kista jenis ini bisa menyebabkan pendarahan dan bisa merubah posisi ovarium.

2. Kista Graafian Folikel

Saat ovulasi mengalami kegagalan, atau folikel matang hancur maka akan menjadi kista yang dapat tumbuh hingga 3cm. Kista jenis ini tidak menimbulkan gejala, dan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan.

3.Kista Hemorrhagic

Kista yang mendapat asupan melalui pembuluh darah. Kista jenis ini bisa menimbulkan gejala sakit perut dan rasa terbakar. Dan jika pecah,akan menyebabkan rasa sakit yang hebat. Terkadang operasi dibutuhkan untuk mengatasi kista jenis ini.

B. Kista Abnormal 

Kista yang terbentuk akibat dari perkembangan sel-sel abnormal dan bentuknya terkadang tidak seperti kanker.Kista Abnormal dibagi menjadi 4 jenis, yaitu :

1. Kista Dermoid

Kista ini terbantuk dari sel-sel germinal totipotential. Sel tersebut berfungsi untuk perkembangan rambut,tulang dan gigi. Kista jenis ini berisi cairan padat seperti lemak, tiroid, bahkan rambut. Ukurannya 1/2 inchi hingga 17 inchi. Kista Dermoid beresiko tinggi pecah dan dapat menghambat sirkulasi darah.

2. Kista Cystadenoma

Kista yang terbentuk dari jaringan ovarium, berisi cairan seperti lendir, mampu tumbuh hingga ukuran besar, dan bisa melekatkan ovarium dengan batang. Penyakit ini bisa tumbuh lebih dari 12 inchi dan akan mengganggu organ lainnya yang bisa menyebabkan komplikasi.

3. Kista Endometrium

Kelainan ini biasanya yang berwarna gelap, ukurannya antara 0,75-8 inchi. Kista jenis ini menimbulkan gejala sakit saat berhubungan seksual, masa menstruasi tidak teratur, sakit saat buang air besar, dan pembengkakan pada perut. Kista ini juga dikenal dengan nama Kista Coklat.

Jika kista tidak diatasi dengan tepat akan menyebabkan masalah serius. Bahkan bisa mengurangi kesuburan. Untuk itu diperlukan penanganan khusus agar kista bisa hilang secara alami. Selain menjalani operasi, ada cara lain. Yaitu dengan mengkonsumi QnC Jelly Gamat. Produk herbal yang tebruat dari ekstrak teripang emas pilihan yang diolah secara modern. Produk ini mengandung Philinopside E atau PE,  Frondoside A, Saponin dan Polisakarida yang sudah terbukti mengatasi kista secara alami. QnC Jelly Gamat juga terdaftar sebagai produk yang aman dikonsumsi di Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan No. Register TR 173301471 dan memiliki sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia. Untuk informasi lengkap mengenai produk dan cara pemesanan QnC Jelly Gamat ,silahkan klik tautan berikut –> Obat Penghancur Kista di Apotik

Tonton juga video kesehatan mengenai :

Baca juga :

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Kista
Biaya Operasi Kista Ovarium
Cara Mudah Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami
Perbedaan Kista dan Miom
10 Buah-buahan Untuk Miom Dan Kista Yang Mudah Didapatkan

 

tIpe kista ovarium Jenis kista tipe kista

 

Jenis Kista Ovarium

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Mengobati Kista Ovarium Dengan Tomat Secara Alami
  2. 10 Pantangan Bagi Penderita Kanker Serviks Ini Harus Dihindari
  3. Penjelasan Tentang Kista Ganglion (Pengertian,Penyebab dan Mengatasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*