Pantangan Makanan Untuk Penderita Kista Ovarium

Pantangan Makanan Untuk Penderita Kista Ovarium

Pantangan Makanan Untuk Penderita Kista Ovarium – Kista merupakan kantong yang berisi cairan yang tumbuh di ovarium. Kista umumnya akan muncul ketika periode haid, dan akan hilang dengan sendirinya setelah periode haid selesai. Namun ada pula kista yang tetap berkembang di ovarium, padahal bukan dalam masa periode haid. Kista bisa berisi cairan kental, nanah, dan udara. Sewaktu-waktu kista ini dapat pecah dan mengeluarkan isinya. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang cukup kuat. Walaupun kista termasuk golongan tumor jinak, kista bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Seperti menganggu kesuburan, bahkan menimbulkan kanker.

Beberapa gejala yang biasanya dialami oleh wanita penderita kista adalah :

  1. Perut membesar atau bengkak
  2. Rasa mual hingga muntah
  3. Nyeri pada daerah panggul
  4. Mudah kenyang, padahal sedikit makan
  5. Sulit Buang Air Besar
  6. Saat melakukan hubungan intim terasa sakit
  7. Periode menstruasi tidak normal

Pantangan Makanan Untuk Penderita Kista Ovarium

Kista bisa terus tumbuh dan membesar jika dibiarkan. Jika ukuran kista sudah cukup besar, dokter akan menganjurkan operasi untuk mengeluarkan kista tersebut. Agar kista tidak membesar dan tumbuh dalam ovarium, simaklah beberapa tips berikut :

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak

Gorengan, santan, dan daging merah adalah contoh dari makanan yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Kenapa harus dihindari? karena lemak bisa meningkatkan pertumbuhan kista dalam ovarium. Anda dianjurkan mengkonsumsi daging putih seperti ikan dan ayam yang lebih tinggi kadar proteinnya dan lebih sedikit kandungan lemaknya. Selain itu, pengolahan daging putih yang baik adalah dengan mengkukusnya atau merebusnya bersama sayuran seperti brokoli, dan wortel.

Baca Juga : Sayuran Untuk Miom dan Kista

  • Hindari mengkonsumsi buah-buahan tertentu

Anggur, durian, dan Nangka merupakan buah-buahan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita kista. Apa alasannya ? Anggur, durian, dan nangka mengandung alkohol yang dapat memperparah kondisi kista dalam ovarium. Sebaiknya anda mengkonsumsi buah-buahan untuk mengobati kista. Seperti Tomat,Buah Naga, Delima, dan Manggis. Karena buah-buah tersebut mengandung Lycopene yang dapat membantu mengecilkan dan menghancurkan kista secara alami.

  • Minuman beralkohol

Bir, arak, Cocktail, dan Wine adalah minuman yang mengandung alkohol yang harus anda hindari. Karena alkohol bisa membuat kista lebih parah. Sebaiknya anda meminum Jus buah, sayur, dan Susu Low-fat. Karena minuman tersebut dapat membantu agar miom tidak berkembang dan menghancurkannya

  • Minuman dan makanan yang mengandung pengawet

Mie instant, snack, dan makanan kaleng adalah hal yang harus anda hindari. Karena biasanya menggunakan pengawet buatan yang mengandung zat kimia berbahaya sehingga mengkonsumsinya dapat memicu munculnya kista.

  • Seafood

Walaupun jenis makanan ini sangat enak dan kaya protein, anda harus mengurangi konsumsi jenis ini. Karena seafood mengandung kolesterol yang cukup tinggi, sehingga dapat memicu kista untuk tumbuh di ovarium dan menganggu sirkulasi darah. Apalagi jika pengolahan seafood tersebut dengan cara digoreng atau dibakar, kandungan kolesterolnya akan naik 3 kali lipat.

  • Junkfood dan Fastfood

Makanan jenis ini sangat mudah didapatkan, rasanya enak, dan cepat pengolahannya. Tetapi junkfood maupun fastfood memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan juga kandungan nutrisi yang sedikit. Sehingga mengkonsumsinya hanya akan memperparah kondisi kista. Makanan ini juga umumnya mengandung kalori tinggi dan pengawet. Lebih baik anda memakan makanan yang alami dan bernutrisi seperti kacang almond dan tomat. Karena kedua makanan tersebut sudah terbukti untuk mengobati kista.

  • Tauge, Sawi, Cabai

Kedua jenis sayuran ini harus dihindari, kenapa? Tauge bisa mempercepat perkembangan kista, sedangkan sawi bisa memperlambat proses pengobatan pada kista. Lalu, Cabai juga bisa mengurangi kandungan oksigen dalam tubuh sehingga berbahaya bagi penderita kista.

  • Jeroan

Usus, paru, dan hati adalah contoh dari jeroan yang harus dihindari. Karena jeroan mengandung lemak yang sangat tinggi. Apalagi jika diolah dengan cara digoreng, kadar lemaknya akan semakin meningkat.

Tidak sulit bukan? Selain beberapa hal tersebut. Anda juga dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin. Karena olahraga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan jantung, dan meningkatkan kebugaran tubuh. Anda juga harus istirahat yang cukup, Karena istirahat bisa menjauhkan anda dari stress.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai pantangan makanan  yang harus dihindari oleh penderita kista. Semoga bisa bermanfaat untuk anda aamiin,

Tahukah anda sekarang telah hadir produk herbal yang mampu untuk mencegah dan mengobati kista maupun miom secara alami ?

Walatra Jelly Gamat merupakan produk pilihan terbaik untuk anda. Produk ini terbuat dari bahan-bahan yang alami seperti teripang emas, buah-buahan dan sayuran.  Selain telah terbukti secara nyata khasiatnya, produk ini juga sudah terdaftar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan no. register TR 173301471, aman dikonsumsi, dan memiliki sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Untuk informasi lengkap mengenai Walatra Jelly Gamat dan cara pemesanan walatra Jelly Gamat , silahkan klik tautan berikut -> Obat Penghancur Kista di Apotik

Artikel Terkait : 

Penjelasan Lengkap Mengenai Kista Ovarium Dan Cara Mengatasinya

Cara Mudah Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami

Efek Samping Melakukan Operasi Pengangkatan Miom

 

Pantangan kista Hal Yang harus dihindari penderita kista Makanan Yang dilarang penderita Kista

Pantangan Makanan Untuk Penderita Kista Ovarium

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Informasi Biaya Operasi Kista Ovarium dan Metode Operasinya
  2. Obat Mujarab Endometriosis Tradisional Tanpa Operasi
  3. 10 Daftar Makanan Penghancur Kista Sampai Tuntas

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*