Penjelasan Lengkap Mengenai Kista Ovarium dan Cara Mengatasinya

Penjelasan Lengkap Mengenai Kista Ovarium dan Cara Mengatasinya

Penjelasan Lengkap Mengenai Kista Ovarium dan Cara Mengatasinya Kista Ovarium adalah tumor jinak yang berisi  cairan atau nanah yang tumbuh di ovarium. Ovarium berfungsi sebagai organ yang memproduksi sel-sel telur. Ovarium mulai memproduksi sel-sel telur dari saat wanita mengalami pubertas, hingga wanita mengalami menopause. Selain sel telur, ovarium juga memproduksi hormon progesteron yang berfungsi untuk memproduksi ASI dan meningkatkan gairah seksual wanita.

Kista dikategorikan menjadi 2 jenis. Yaitu:

  • Kista Fungsional : Kista yang tumbuh hanya saat periode menstruasi. Setelah periode menstruasi selesai kista jenis ini akan hilang dengan sendirinya.
  • Kista Patologis : Kista jenis ini bisa tumbuh kapan saja, dan berisi cairan atau sel yang merugikan tubuh. Bahkan sel tersebut menjadi kanker

Penjelasan Lengkap Mengenai Kista Ovarium dan Cara Mengatasinya

Gejala Kista

  • Perut membengkak

Perut akan mengalami pembengkakkan karena kista yang tumbuh di ovarium menyebabkan tekanan ke daerah perut. Jika kista masih utuh,pembengkakkan akan terus terjadi. Namun jika kista telah pecah, akan mengangkibatkan pengempesan pada perut dan rasa sakit yang sangat parah.

  • Mual dan muntah

Cairan dari kista yang keluar dan mengenai perut akan menyebabkan sensasi mual, bahkan muntah. Ternyata mual dan muntah bukan merupakan gejala hamil saja, tetapi termasuk gejala kista telah muncul.

  • Sulit buang air besar

Usus besar yang mendapatkan tekanan dari kista akan menyebabkan proses pencernaan terhambat, sehingga akan menyebabkan sulit buang air besar atau konstipasi. Hal ini juga bisa menyebabkan rasa sakit ketika buang air besar.

  • Dorongan ingin buang air kecil terlalu sering

Tekanan dari kista bisa mempengaruhi kandungan kemih, dorongan dari kista ke kandungan kemih bisa menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi meningkat.

  • Pendarahan

Ketika kista pecah dan cairannya masuk ke dalam perut bisa menyebabkan pendarahan. Pendarahan tersebut akan keluar melalui vagina. Umumnya kista pecah saat wanita mengalami haid, sehingga banyak wanita yang beranggapan bahwa pendarahan yang dialaminya adalah haid, padahal bisa menjadi salah satu gejala dari kista.

  • Rasa Sakit pada panggul

Jika pertumbuhan kista telah mencapai panggul, akan ada menyebakan rasa nyeri pada panggul yang disebabkan oleh tekanan dari kista. Jika kondisi kista masih utuh, rasa sakit yang ditimbulkan tidak akan terlalu parah, namun jika kista tersebut sudah pecah akan menyebabkan rasa sakit yang cukup parah di daerah perut bagian bawah

  • Nafsu makan terganggu

Ukuran kista yang besar bisa menyebabkan wanita mengalami cepat kenyang padahal hanya makan sedikit, kista juga bisa menyebabkan wanita mengalami penurunan nafsu makan.

Mengatasi Kista

  • Melakukan Operasi

Untuk mengatasi kista yang ukurannya antara 5-10 cm, umumnya dokter menganjurkan untuk melakukan operasi. Karena dikhawatirkan kista tersebut bisa menjadi kanker yang berbahaya bagi tubuh. Ada 2 jenis operasi yang dianjurkan dokter yaitu :

  1. Laparotomi : metode ini mengeluarkan kista yang sudah besar dan berpontensi menjadi kanker melalui sayatan didaerah dinding perut. Namun metode ini membutuhkan jangka waktu pemulihan yang sangat lama, dan luka yang timbulkan cukup besar.
  2. Laparoskopi : operasi jenis ini mengeluarkan kista dengan cara membuat luka sayatan sekitar 0,5 – 1,5 cm, lalu memasukan alat laparoskop dan memasukan gas ke bagian ovarium. Metode ini memerlukan waktu pemulihan yang cepat dan rasa sakit yang ditimbulkan tidak terlalu besar.
  • Mengkonsumsi sari cuka apel

cara ini direkomendasikan bagi wanita yang ukuran kista nya kecil. Anda cukup meneteskan 1 tetes sari cuka apel ke gelas yang berisi teh Camomile, lalu meminumnya. Cara ini sangat aman, karena tidak menimbulkan efek samping

  • Mandi menggunakan garam epsom

Garam epsom mengandung magnesium yang tinggi, sehingga menggunakan metode ini akan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh kista dan mengecilkan ukuran kista.

  • Meminum Air jahe

Jahe mengandung gingerol yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah peradangan . Jahe juga bisa mengecilkan ukuran kista yang tumbuh di ovarium. Caranya anda cukup meminum air jahe hangat dengan ditambahkan apel. Karena apel juga merupakan salah satu buah-buahan yang bisa mengobati kista maupun miom.

  • Mengkonsumsi Obat Herbal QnC Jelly Gamat

Produk herbal QnC Jelly Gamat yang terbuat dari teripang emas, pengemulsi nabati, essen natural, dan ekstrak sayur dan buah . Produk ini sudah teruji mengobati miom dan kista secara alami, memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia , dan terdaftar sebagai produk yang aman dikonsumsi di BPOM dengan no. register TR 173301471. Jika anda penasaran dan ingin mengetahui lebih jelas mengenai produk tersebut dan cara pemesanan QnC Jelly Gamat, silahkan klik tautan ini -> Obat Penghancur Kista di Apotik

baca juga : buah-buahan untuk mengobati miom dan kista

Dan tonton juga video kesehatan mengenai :

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian,gejala, dan cara mengatasi kista. Walaupun Kista merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh kaum hawa ,namun tak sedikit yang masih bingung mengenai cara mengobati kista tersebut. Semoga dengan artikel ini mereka bisa lebih mengenal dan bisa memilih bagaimana cara yang cocok untuk mengatasi kista.

Artikel Terkait :

Beberapa Hal Penting Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Miom

Bahaya! mengkonsumsi ini dapat memicu munculnya miom

Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengecilkan Miom

Mengobati Kista Pengertian kista Gejala Kista

Penjelasan Lengkap Mengenai Kista Ovarium dan Cara Mengatasinya

6 Trackbacks / Pingbacks

  1. 7 Gejala Kista Ovarium Yang Sering Dirasakan Wanita
  2. Cara Terapi Jus Untuk Kista Yang Sudah Terbukti Ampuh
  3. Obat Kista Coklat di Apotik 100% Ampuh Mengatasi Berbagai Jenis Kista
  4. Cara Mudah Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami dan tanpa efek samping
  5. Pantangan Makanan Untuk Penderita Kista Ovarium Yang Harus Dihindari
  6. Tips Sehat Untuk Mengobati Miom Yang Mudah Dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*