Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Intim Wanita

Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Intim Wanita

Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Intim Wanita – Organ intim wanita merupakan bagian yang paling sensitif dibandingkan dengan organ tubuh lainnya. Ini berarti seorang wanita harus benar-benar menjaga kesehatan organ intimnya sebelum beberapa penyakit dapat mempengaruhi kondisi organ intim tersebut. Dan jika hal ini tidak dihiraukan, maka kamu harus menanggung resikonya sendiri yang dapat membahayakan organ intim kamu dan juga pengaruhi kesehatan tubuh lainnya.

Kamu perlu mengetahui lagi lebih dalam mengenai penyakit yang dapat menyerang organ intim. Sebab penyakit ini tidak hanya mempengaruhi organ intim kamu saja, tetapi juga mempengaruhi bagian yang dekat dengan organ tersebut kamu. Dan contoh pengaruh buruknya antara lain sakit perut bagian bawah, nyeri dibagian panggul, hingga terjadi kerusakan pada usus.

Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Intim Wanita

Berikut inilah beberapa penyakit yang menyerang organ intim wanita yang harus kita waspadai :

1. Kista

Penyakit kista adalah penyakit yang disebabkan karena munculnya benjolan abnormal berbentuk kapsul atau kantung dan biasanya didalamnya berisi sebuah cairan, semisolid, atau material gas, yang dapat muncul pada jaringan tubuh mana saja. Ukuran benjolannya juga bervariasi, mulai dari sangat kecil hingga berkembang menjadi sangat besar. Benjolan kista yang berukuran besar bisa menghimpit organ dalam yang berada di dekatnya dan menimbulkan beberapa gejala.

Artikel terkait : Bahaya Penyakit Kista Bagi Wanita

2. Fibroid rahim

Fibroid adalah kondisi dimana terjadinya pertumbuhan sel yang tidak normal pada rahim. Kondisi ini juga sering disebut dengan Penyakit Miom. Pertumbuhan sel yang tidak normal pada rahim ini sebenarnya merupakan penyakit yang biasa bagi kaum wanita. Walaupun penyakit ini bukan merupakan kanker ganas, namun penyakit ini dapat menimbulkan pembengkakan pada perut, nyeri saat datang bulan, kesulitan konsepsi, hingga mengganggu saat masa kehamilan.

Beberapa opsi untuk mengontrol pertumbuhan sel yang tidak normal dalam rahim ini adalah merencanakan kehamilan supaya kadar hormon esterogen berubah hingga ukuran miom dapat mengecil dan kemugkinan tidak akan mengganggu masa kehamilan sampai kelahiran anda.

Artikel terkait : Obat Tradisional Miom di Apotik

3. Endometriosis

Kelainan ini merupakan kasus tumbuhnya sebuah jaringan rahim yang seharusnya hanya tumbuh di dalam rahim, akan tetapi jaringan ini malah tumbuh di bagian luar rahim. Tumbuhnya jaringan rahim dalam kasus seperti ini bisa terjadi di berbagai tempat. Mulai dari saluran indung telur atau ovarium, rongga panggul hingga rongga abdomen.

Kebanyakan wanita yang mengidap endometriosis biasanya akan mengalami gejala sakit berlebih ketika masa menstruasi karena luruhnya saluran rahim di tempat yang tidak seharusnya. Kesulitan untuk mempunyai keturunan pun jadi salah satu pertanda jika kamu terserang penyakit ini. Namun ternyata ada pula wanita yang tidak pernah mengalami keluhan apapun selama masa datang bulan walaupun dirinya mengidap penyakit endometriosis.

Artikel terkait : Obat Mujarab Endometriosis Tradisional Tanpa Operasi

4. Kelainan pada kandung kemih

Kelainan ini sering disebut juga (Syndrom Nyeri Kandung Kemih). Mengapa demikian? Saat kamu terserang penyakit ini, biasanya kamu akan mengalami masalah dalam buang air kecil atau kadang-kadang kamu akan merasa nyeri dibagian panggul atau pada bagian antara vagina dan anus. Selain itu kamu juga akan merasa sakit yang hebat dibagian organ intim saat melakukan hubungan seksual. Jika tidak segera mendapat penanganan medis penyakit yang lebih sering menyerang wanita ini bisa membuatmu terkena infeksi kandung kemih kronis.

 

 

5. Syndrom ovarium polikistis (PCOS)

Sindrom Ovarium Polikistik (PCSO) adalah merupakan gangguan keseimbangan pada kadar hormonal wanita. Pada sindrom ini  terjadi karena tubuh wanita memproduksi hormon androgen (hormon laki-laki) terlalu berlebihan. Untuk mendeteksi kamu terserang sindrom ini, kamu perlu melakukan serangkaian tes darah ke dokter sebelum menegakkan diagnosa apakah kamu mengidap penyakit tersebut atau tidak. 

Ciri-ciri umum yang biasanya dialami oleh seorang wanita pengidap sindrom PCOS diantaranya adalah menstruasi yang jarang datang, tumbuh lebatnya rambut halus di tangan dan kaki, serta wajah yang selalu berminyak dan mudah berjerawat. Karena ciri-ciri yang tidak begitu dominan, sindrom PCOS akan sulit dideteksi. Beberapa wanita baru menyadari bahwa dirinya mengidap sindrom ini ketika mengalami gejala kesulitan hamil setelah sekian lama menikah.

6. Keputihan

Keputihan adalah cairan putih yang keluar dari rahim namun bukan berupa darah. Kondisi keputihan ini terbagi menjadi 2 sifat, yaitu fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis terjadi menjelang atau setelah menstruasi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi akibat terserang infeksi atau bakteri yang berada di sekitar bagian organ intim wanita. Dan bila kondisi ini tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan peradangan pada organ intim kamu.

7. Herpes

Gejala awal yang timbul dari penyakit ini biasanya muncul seperti kulit terbakar di tempat yang akan menjadi luka. Lalu pengidap penyakit ini akan sering mengalami rasa tidak enak badan, sakit kepala, pusing, cepat lelah, demam, dan juga nyeri otot dalam jangka waktu yang cukup lama.

8. Psoriasis

Penyakit psoriasis yang paling umum menyerang pada alat kelamin adalah psoriasis terbalik, penyakit ini bisa diketahui dengan adanya kemunculan lesi halus dan kering bahkan bisa  menyebar ke lipatan paha jika tidak segera mendapatkan penangganan medis.

9. Eksim

Penyakit eksim bisa menyerang siapa saja dan kapan saja disertai gejala awalnya dengan munculnya ruam merah dan gatal pada bagian organ intim. Meskipun penyakit ini adalah penyakit autoimun, namun produk yang sering dipakai seperti sabun atau pewangi juga bisa menjadi penyebab kemunculan penyakit tersebut, karena produk seperti itu dapat mengiritasi kulit.

10. Bartholinitis

Jika kamu mengalami demam, sakit badan serta terjadi pembengkakan pada organ intim secara tiba-tiba maka berhati-hatilah, kemungkinan kamu terkena penyakit bartholintis. Bartholintis merupakan infeksi yang berada di pinggir salah satu kelenjar bartholin, kelenjar yang menghasilkan pelumas saat melakukan berhubungan intim. Penyebab dari munculnya penyakit ini adalah karena infeksi, gonokokus atau bakteri lain. Bartholinitis dapat menyerang kelenjar pengidap, namun penyakit ini tidak  bersifat menular saat melakukan hubungan intim. Dan bila dibiarkan saja, penyakit ini dapat berkembang menjadi kista bartholin.

Artikel terkait : Tips Mengobati Kista Bartholin

11. Penyakit menulas seksual (PMS)

Penyakit menular seksual merupakan jenis penyakit yang berbahaya bagi kaum wanita maupun pria. Namun bagi wanita biasanya penyakit ini akan lebih parah dibandingkan dengan pria. Ini karena jika wanita terserang saat dalam keadaan hamil maka penyakit menular seksual tersebut dapat mempengaruhi janin yang sedang ia dikandung.

PMS biasanya ditandai dengan terjadinya keputihan akut, penyakit menular seksual merupakan penyakit yang harus diwaspadai oleh wanita. Penyebab dari penyakit ini karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, parasit dan virus yang dibawa melalui hubungan seksual dengan pasangan. Maka dari itu hindarilah aktivitas hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

12. Vitiligo

Penyakit vitiligo bisa ditandai dengan kemunculan bercak berwarna putih bertekstur datar pada organ intim. Dan kamu harus waspada dengan penyakit ini karena dapat merusak sel pigmen pada kulit dan juga peradangan. Untuk menghindari vitiligo, kamu bisa mengawalinya dengan menjaga kebersihan area sekitar organ intim dan usahakan untuk mempertahankan area tersebut supaya tetap kering untuk menghindari pertumbuhan jamur.

13. Dermatitis

Hindari pemakaian sabun atau parfum secara berlebihan, sebab bukannya membuat organ intim kamu sehat tetapi menimbulkan kerusakan pada organ intim seperti ruam, gatal-gatal,peradangan dan kulit melepuh. Usahakan pilihlah produk alami dan tidak mengandung kimia supaya organ intim kamu tetap aman.

14. Kandidiasis

Selalu jagalah pola hidup kamu dengan baik supaya imun tubuh kamu pun menjadi stabil sehingga dapat menangkal kuman dan penyakit yang akan menyerang tubuh. Namun jika imun tubuhmu terganggu maka otomatis penyakit pun mudah menyerang tubuh anda salah satunya adalah jamur candida. Dan jamur perlu kamu hindari, karena selain menyerang organ intim jamur candida juga dapat menyerang paru-paru, mulut, kulit, kandung kemih dan lain-lain.

15. Kanker serviks

Tahukah anda? Bahwa akhir-akhir ini WHO telah melakukan penelitian terhadap penyakit serviks dan hasilnya sangat mengejutkan. Disana dikatakan bahwa penyakit kanker serviks merupakan penyebab dari kematian wanita tertinggi didunia.

Kanker serviks atau bisa disebut kanker leher rahim ini disebabkan oleh virus jenis Human Pappiloma Virus (HPV). Penyakit berbahaya ini sangat sulit untuk ditemukan karena proses penyebaran virusnya memerlukan waktu yang lama sekitar 10-20 tahun jadi selama itu penderitanya tidak menyadari akan hadirnya penyakit tersebut. Dan kanker serviks ini disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, sering merokok dan minum alkohol, bergonta-ganti pasangan seksual, kebersihan organ intim yang tidak terjaga, dan kurangnya asupan vitamin.

Itulah beberapa informasi mengenai beberapa penyakit yang dapat menyerang organ intim wanita, jadi mulai sekarang bagi anda baik kaum pria atau wanita sangatlah penting menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim. Ini karena tidak hanya berdampak pada organ intim saja, tetapi juga berdampak pada organ tubuh lainnya. Dan yang lebih penting setialah pada satu pasangan dan tidak bergonta-ganti pasangan untuk berhubungan seksual.

Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Intim Wanita Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Intim Wanita

Untuk informasi kesehatan dan pengobatan penyakit lainnya, kamu bisa mengunjungi website kami di—> Obat Penghancur Miom dan Kista di Apotik  Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Intim Wanita

Tonton juga video kesehatan mengenai :

Baca juga :

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menstruasi

Dampak Buruk Akibat Kurang Menjaga Kesehatan Organ Intim

Cara Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Obat Rahim Bengkak di Apotik Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Intim Wanita

Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Intim Wanita

1 Trackback / Pingback

  1. Daftar Makanan Untuk Mengatasi Kanker Serviks | Obat Kanker Serviks

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*