Penyakit Yang Sering Menyerang Kelamin Pria

Penyakit Yang Sering Menyerang Kelamin Pria

Penyakit Yang Sering Menyerang Kelamin Pria – Bagi pria yang bisa dibilang aktif dalam aktivitas seksualitas sepertinya anda harus tahu betul dampak dari kebiasaan anda tersebut. Karena ada banyak sekali dampak negatif yang akan menyerang anda bilamana anda tidak memperhatikan keamanan saat melakukan aktivitas seksual. Maka resiko terkena penyakit kelamin kepada anda sangatlah tinggi, dan mulai sekarang kenalilah beberapa penyakit yang sering menyerang kelamin pria.

Hubungan seksual merupakan kegiatan yang berguna untuk memenuhi hasrat pria maupun wanita. Tidak hanya dampak positif saja yang akan anda rasakan saat melakukan hubungan seksual, namun ada juga beberapa dampak negatif yang akan menyerang anda bila anda tidak berhati-hati saat melakukan hubungan seksual.

Seks tanpa menggunakan alat pengaman (kondom) tidak hanya mengakibatkan kebobolan hamil saja, tetapi dapat mengakibatkan penularan penyakit kelamin juga. Selain itu berganti-ganti pasangan seksual pun dapat meningkatkan resiko penularan penyakit kelamin.

Penularan penyakit kelamin ini bisa melalui hubungan seksual vaginal, anal ataupun oral. Nah, apa sajakah penyakit kelamin yang disebabkan hubungan seksual tersebut?

Penyakit Yang Sering Menyerang Kelamin Pria

  • Sifilis (Raja singa)

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit kelamin yang terburuk sekaligus sangat sulit untuk di deteksi. Sehingga seseorang yang mengidap penyakit ini bisa bertahan hidup selama bertahun-tahun tanpa menyadari bahwa dirinya tengah mengidap penyakit sifilis. Banyak sekali gejala-gejala penyakit sifilis yang seringkali dianggap sepele oleh penderitanya, dan pada akhirnya setelah memasuki fase akhir penyakit ini dapat merusak jaringan saraf hingga mengganggu kinerja jantung.

Selain itu, jika seorang wanita hamil tertular penyakit ini juga akan berdampak fatal karena dikhawatirkan akan mengalami keguguran. Untuk mencegah munculnya penyakit ini biasakanlah untuk selalu cek kesehatan setiap bulannya sekaligus memeriksa kesehatan organ kemaluan anda.

  • HPV

Penyakit Menular Seksual (PMS) atau HPV merupakan penyakit kelamin yang paling umum terjadi kepada mereka yang pernah melakukan hubungan seksual. Mengapa demikian? karena penyakit ini tidak hanya dapat dicegah dengan alat pengaman (kondom), sehingga pelaku hubungan seksual yang menggunakan kondom pun masih beresiko terkena penyakit ini. Virus HPV juga memerlukan waktu yang sangat lama untuk berkembang menjadi sebuah penyakit, maka dari itu penderitanya penyakit ini kebanyakan baru menyadari setelah beberapa tahun kedepan.

Virus HPV memiliki ratusan tipe, namun yang akan berkembang menjadi berbahaya hanya pada tipe 16 dan 18 saja. Walaupun begitu tetap saja anda wajib melakukan pencegahan dini supaya ke depannya penyakit ini tidak berkembang pada tubuh anda.

  • Klamidia

Bila pada kelamin anda terdapat jamur atau mengeluarkan nanah tiba-tiba, mungkin saja anda tengah mengidap penyakit klamidia. Maka segeralah periksa atau mendapatkan pengobatan pada dokter sebelum penyakit itu anda tularkan pada orang lain. Penyakit kelamin jenis ini sangat mudah ditularkan pada orang lain dan jarang berkembang menjadi semakin parah. Bila terlambat mendapatkan pengobatan bisa saja gejala seperti nyeri pada punggung dan perut, rasa sakit saat berhubungan seksual, dan cairan yang tidak biasa keluar dari kemaluan akan dialami oleh anda.

 

 

  • Gonore

Penyakit kelamin selanjutnya yaitu gonore, menurut badan kesehatan dunia mengemukakan bahwa ada sekitar 50% lebih wanita didunia mengidap penyakit gonore namun tidak menunjukan gejala. Ini artinya bahwa kaum pria sangatlah beresiko tinggi pula terkena penyakit gonore ini. Karena kaum pria bisa saja melakukan hubungan seksual dengan wanita yang mengidap penyakit tersebut karena ketidaktahuannya.

Walaupun pada awalnya tidak menimbulkan gejala, namun tetap saja pada saat kondisi penyakit gonore menjadi parah akan merusak kesehatan tubuh penderitannya. Seperti mengakibatkan peradangan pada pinggul, infeksi kandung kemih, serta meningkatkan resiko terkena penyakit HIV. Maka sangat penting bagi anda untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan anda pada dokter secara rutin.

  • Herpes genital

Penyakit herpes genital merupakan penyakit kelamin yang akan menyebabkan beberapa gejala seperti muncul bintik merah, luka atau lecet diarea kelamin, serta rasa sakit saat buang air kecil. Dan tentu saja gejala-gejala tersebut sangat mengganggu dan seiring berjalannya waktu kinerja kelamin anda pun akan rusak. Juga penyakit ini tidak hanya dapat ditularkan melalui alat kelamin, herpes genital pun dapat ditularkan melalui seks secara oral dan anal. Dan selalu ingat bahwa alat pengaman (kondom) tidak akan selalu ampuh sebagai alat pencegahan.

  • Urethritis

Penyakit ini muncul karena terdapat peradangan pada lapisan uretra (saluran kecil tempat mengeluarkan air kencing) pada pria. Akibatnya penderita penyakit ini sering mengalami gejala seperti terasa panas dan nyeri saat buang air kecil, keluar nanah pada ujung penis, rasa gatal dan panas pada bagian penis, serta setiap mengeluarkan sperma terdapat darah. Jika penyaki ini dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka di khawatirkan akan mempengaruhi kesehatan prostat.

  • Infeksi jamur

Bila pada kelamin anda terdapat ruam atau bintik-bintik merah yang terasa gatal, mungkin saja anda terkena infeksi jamur. Penyabab infeksi ini salah satunya adalah kurangnya memperhatikan kesehatan dan kebersihan pada bagian kelamin. Selain itu pria yang tidak disunat lebih beresiko tinggi terkena infeksi jamur dibandingkan dengan pria yang disunat.

  • Epididimitis

Penyakit epididimitis kerap sekali menyerang pria yang berusia sekitar 19-35 tahunan. Epididimitis merupakan penyakit radang yang menyerang bagian saluran sperma yang terdapat dibelakang testis. Gejala yang biasa muncul pada penyakit ini ialah seperti nyeri pada testis, terasa panas dan nyeri saat buang air kecil, terdapat darah saat mengeluarkan sperma, dan muncul benjolan disekitar daerah testis. Pria yang beresiko tinggi terkena epididimitis adalah mereka yang sering berganti-ganti pasangan seksual, terkena infeksi saluran kemih, dan belum disunat .

  • HIV

Penyakit HIV atau kepanjangan dari Human Immunodeficiency Virus, merupakan sebuah virus yang dapat mengakibatkan penyakit seksual yang sangat berbahaya. Penyakit ini pun merupakan penyakit mematikan no.1 didunia, karena angka kematian remaja pria maupun wanita di dunia kebanyakan dikarenakan mengidap penyakit HIV. Selain itu HIV lebih sering ditularkan oleh pria dibandingkan wanita, ini karena pria lebih rentan terkena penyakit kelamin dibanding wanita.

Hal buruk lainnya dari penyakit ini adalah, gejala atau tanda-tanda fisiknya sering tidak disadari oleh penderitanya. Ini karena waktu perkembangan penyakit HIV terbilang sangat lama, yaitu sekitar 10 tahun untuk bisa merusak jaringan imunitas manusia. Selain penularan melalui hubungan seksual, HIV juga dapat ditularkan melalui pemakaian jarum suntik atau tatto bersamaan, dan percampuran darah atau donor darah. Tidak hanya itu, ibu hamil yang terkena penyakit HIV juga dapat menularkannya kepada sang bayi didalam kandungannnya.

Itulah beberapa penyakit yang pada umumnya sering menyerang kelamin pria, dan kami sarankan bahwa menjaga kebersihan dan kesehatan bagian kemaluan sangatlah penting guna untuk mencegah penyakit diatas. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan semoga anda terjauh dari penyakit kelamin. Penyakit Yang Sering Menyerang Kelamin Pria Penyakit Yang Sering Menyerang Kelamin Pria

Tonton juga video kesehatan mengenai :

Baca juga :

Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Intim Wanita

Penyakit Kista Pada Pria

Cara Mencegah Penyakit Kista

Cara Mencegah Penyakit Kanker Serviks

Obat Tradisional Daging Tumbuh Dalam Rahim di Apotik

Penyakit Yang Sering Menyerang Kelamin Pria

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Menjaga Kesehatan Penis Dari Penyakit Kelamin

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*