Perbedaan Kista dan Miom

Perbedaan Kista dan Miom

Perbedaan Kista dan Miom – Miom dan kista adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita. Namun banyak diantara mereka yang masih bingung mengenai perbedaan dan cara mengatasinya. Oleh karena itu, artikel ini akan membantu anda untuk mengetahui lebih jelas mengenai kista dan miom.

Pengertian Miom

Miom adalah tumor jinak yang tumbuh di daerah rahim. Umumunya miom berkembang di dinding rahim. Miom tidak terlalu berbahaya. Namun itu bergantung pada jumlah dan ukuran miom tersebut. Ukuran miom bisa sebesar kacang polong hingga sebesar buah anggur, bahkan ukurannya bisa mencapai lebih besar dari buah tomat

Perbedaan Kista dan Miom

Penyebab

Penyebab miom masih belum diketahui dengan jelas. Namun dokter menghubungkan masalah ini dengan hormon estrogen. Hormon berasal dari ovarium dan berfungsi sebagai pengendali pertumbuhan fisik khusus wanita. Seperti payudara, bulu ketiak, dan lainnya. Hormon ini juga bisa bermanfaat untuk memproduksi pelumas alami vagina, perkembangan lapisan rahim, dan berperan dalam proses pembekuan darah. Hormon estrogen berlebih inilah yang bisa menyebabkan miom muncul di rahim. Sehingga wanita yang sedang dalam masa “subur” beresiko tinggi terserang penyakit miom. Namun wanita yang sudah mengalami menopause resiko
terserang penyakit miomnya rendah. Karena pada masa menopause, hormon esterogen yang dihasilkan ovarium sudah berkurang.

Gejala

  • Pendarahan lebih : Jika volume darah yang keluar saat haid sangat banyak dan terdapat gumpalan darah , itu menjadi salah satu gejala miom yang harus diwaspadai
  • Sering buang air kecil : Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan dari miom yang menekan kandung kemih. Sehingga anda akan merasa ingin buang air kecil.
  • Sulit buang air besar (Sembelit) : Ukruan miom yang terus tumbuh dan berkembang dapat menghambat proses pencernaan. Salah satunya Usus besar. Jika usus besar mengalami tekanan dan proses pencernaan terhambat, anda akan mengalami sulit buang air besar. Bahkan akan menimbulkan rasa sakit saat buang air besar.
  • Periode haid tidak teratur : masa menstruasi wanita yang memiliki miom umumnya lebih lama dibandingkan dengan wanita yang tidak memliki miom. Contohnya jika umumnya wanita mengalami haid selama 4-7 hari, namun wanita penderita miom bisa mengalami masa haid lebih dari 10 hari.

selain beberapa gejala ringan.Ada pula gejala berat yang bisa dialami jika miom yang tumbuh bisa berbahaya, yaitu :
Terjadi pendarahan yang banyak

  • Rasa sakit di perut, punggung bawah atau di panggul.
  • sering merasa kebingungan
  • Sulit bernafas
  • Pusing yang berjangka waktu lama
  • Detak jantung yang cepat

Mengatasi 

Menggunakan obat-obatan

  • Pil KB 
  • Asam Traneksamat 
  • Progesteron suntik 
  • Obat anti-inflamasi no steroid 
  • Gonadotropin Releasing hormone  
  • Levonorgestrel Intrauterine System 

Melakukan Operasi

  • Miomektomi 
  • Histerektomi 
  • Histeroskopi 
  • Morcellation Histeroskopi 

ATASI MASALAH PENYAKIT KISTA DAN MIOM SAMPAI TUNTAS TANPA OPERASI !!!

 

Pengertian Kista

Kista merupakan tumor jinak yang tumbuh dan berkembang di ovarium berbentuk kantung yang berisi cairan kental,udara, atau nanah.

 

 

Penyebab

perkembangan sel telur yang terhambat dan penyumbatan saluran organ oleh debu yang mengakibatkan terhambatnya jalur air. Sehingga terjadi penumpukan cairan

Gejala

  • Perut membesar atau bengkak : ukuran kista yang membesar bisa menyebabkan tekanan pada perut. Jika kista tersebut bentuknya masih utuh, pembengkakkak akan terus terjadi. Tetatpi jika kista tersebut pecah, anda akan mengalami rasa sakit yang hebat disertai pengempesan perut.
  • Nafsu makar terganggu : Kista yang terus membesar bisa menyebabkan wanita mengalami cepat kenyang, padahal hanya makan sedikit. Kista juga bisa mengurangi nafsu makan.
  • Muntah dan mual : Jika kista pecah dan cairan yan g keluar mengenai perut akan menyebabkan sensasi mual, bahkan muntah

Mengatasi

  • Melakukan Operasi
  1. Laparotomi :  prosedur ini dilakukan dengan cara membuat irisan vertikal besar pada dinding perut ke dalam rongga perut untuk memudahkan mengangkat kista.
  2. Laparoskopi : Laparoskopi atau operasi lubang kunci merupakan prosedur medis yang dilakukan ahli bedah untuk mengakses bagian dalam rongga perut dan panggul. Anda akan dibius total. Setelah itu, ahli bedah akan membuat sayatan kecil sekitar 1-1,5 cm di sekitar pusar. Melalui sayatan itu, ahli bedah akan memasukkan sebuah tabung kecil. Kemudian, sebuah alat yang disebut laparoskop, yang memiliki kamera dan lampu kecil pada ujungnya, akan dimasukkan ke dalam perut melalui tabung yang telah dimasukkan sebelumnya. Kamera itu akan memperlihatkan kondisi di dalam rongga perut dan panggul pada sebuah monitor sehingga memudahkan ahli bedah untuk melakukan operasi.
  • Mengkonsumsi buah dan sayur 
  • Mengkonsumsi almond

Selain dengan beberapa cara diatas, anda juga bisa mengatasi miom dan kista menggunakan produk herbal QnC Jelly Gamat, dibuat dari ekstrak teripang yang mengandung Philinopside E atau PE,  Frondoside A, Saponin dan Polisakarida yang sudah terbukti secara klinis mengatasi miom dan kista secara alami. Produk ini juga memiliki sertifikat HALAL dari MUI dan terdaftar sebagai produk yang aman dikonsumsi di BPOM dengan no. register TR 173301471. Klik link berikut untuk mengetahui informasi lengkap produk dan cara pemesanan QnC Jelly Gamat –> Obat Penghancur Kista

Tonton juga video kesehatan mengenai :

Artikel Terkait :

10 Buah-buahan Untuk Miom Dan Kista Yang Mudah Didapatkan

Sayuran Yang Bisa Menjadi Penakluk Miom

Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengecilkan Miom

Tips Sehat Untuk Mengobati Miom

Beberapa Hal Penting Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Miom

Perbedaan miom dengan kista mengatasi miom penyebab miom gejala miom mengatasi kista gejala kista penyebab kista

Perbedaan Kista dan Miom

11 Trackbacks / Pingbacks

  1. Obat Untuk Mengatasi Fibroid Yang Sering Direkomendasikan Dokter
  2. Jus Buah Untuk Mengobati Kista Yang Enak Untuk Diminum
  3. Penyebab Pendarahan Abnormal Pada Vagina, Selain Menstruasi
  4. Tahukah Anda? Ukuran Miom Yang Harus Dioperasi?
  5. Pantangan Penderita Kista Bartholin Yang Harus Anda Hindari
  6. Obat Tradisional Fibroid di Apotik Yang Ampuh Mengatasi Fibroid
  7. 7 Cara Mengecilkan Kista di Payudara Dengan Cepat
  8. Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Kista Sejak Dini?
  9. 10 Pantangan Bagi Penderita Kanker Serviks Ini Harus Dihindari
  10. Penjelasan Tentang Kista Ganglion (Pengertian,Penyebab dan Mengatasi)
  11. Penyebab Munculnya Penyakit Miom Yang Berbahaya Bagi Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*