Tips Mengobati Kista Bartholin

Tips Mengobati Kista Bartholin

Tips Mengobati Kista Bartholin – Kista bartholin merupakan salah satu penyakit kelamin yang dialami wanita. Kista bartholin adalah kista yang muncul atau tumbuh pada kelenjar bartholin. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi cairan atau pelumas yang berguna untuk mencegah vagina kering. Cairan tersebut disalurkan melalui saluran bartholibn. Selain itu,cairan dari kelenjar bartholin juga sangat berguna sebagai pelumas alami ketika berhubungan seksual. Kista bartholin bisa terjadi ketika saluran bartholin mengalami penyumbatan,sehingga cairan menumpuk di saluran dan kelenjar bartholin. Semakin lama, cairan tersebut akan membentuk kista bartholin. Kista ini bisa menimbulkan rasa sakit ketika berhubungan seksual,pembengkakan pada bibi vagina, menimbulkan rasa tidak nyaman ketika berjalan ataupun duduk dan terkadang disertai oleh demam.

Tips Mengobati Kista Bartholin

Pengobatan kista bartholin

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati kista bartholin. Ada perawatan yang bisa dilakukan dirumah ataupun perawatan medis tergantung pada kondisi parah atau tidaknya kista tersebut. Kista yang berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala umumnya akan hilang dengan sendirinya tanpa tindakan medis tertentu. Namun, jika kista berukuran besar dan menimbulkan gejala sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter.

  1. Mandi menggunakan air hangat
    Air hangat dapat membantu tubuh agar tetap tenang dan rileks. Selain itu, cara ini juga dapat digunakan untuk mengobati kista bartholin. Caranya anda bisa berandam pada air hangat selama 15 menit tanpa menggunakan tambahan sabun atau cairan apapun. Air dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit pada vagina dan dapat membuat kista pecah secara alami. Anda bisa menggunakan caraq ini secara rutin.
  2. Mengkonsumsi obat antibiotik
    Jika anda telah melakukan pemeriksaan eksehatan dan positif menderita kista bartholin umumnya dokter akan memberikan obat antibiotik. Obat ini berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah infeksi. Namun anda harus sangat memperhatikan dosis yang dianjurkan oleh dokter.
  3. Mengurangi konsumsi gula
    Gula dapat memperparah kondisi kista bartholin dan memperlambat proses penyembuhan. Selain itu, sebaiknya anda menghindari beberappa buah yang mengandung kadar gula yang cukup tinggi seperti apel,mangga, leci dan pisang. Wanita yang menderita diabetes melitus juga berisiko tinggi untuk menderita kista bartholin. Olehs sebab itu, sebaiknya kita mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi gula.
  4. Berhubungan seksual dengan aman
    Seks yang aman dapat mencegah dari berbagai macam penyakit seperti klamidia,sifilis dan gonore. Seks bebas juga dapat menyebabkan pembengkakan pada vagina dan kista bartholin. Jika anda memiliki kista abrtholin,lalu melakukan hubungan seksual dapat menyebabkan kista bertambah besar dan akan menimbulkan rasa nyeri. Gesekan penis pada vagina juga dapat menyebabkan infeksi dan iritasi.
  5. Menghindari celana dalam yang ketat
    Celana dalam yang sehat dan baik untuk kesehatan adalah yang terbuat dari katun dan tidak terlalu ketat. Vagina membutuhkan ruang untuk masuknya udara agar vagina tidak lembab. Vagina yang lembab dapat menjadi sarang bakteri maupun virus. Selain itu, anda juga harus mencuci celana dalam hingga bersih menggunakan sedikit sabun,lalu pastikan agar tidak ada kadar air didalam celana dalam tersebut. Anda juga disarankan untuk menghindari penggunaan celana dalam yang basah. Karena dapat menyebabkan gatal dan bau tidak sedap.
  6. Menjaga kebersihan vagina secara rutin
    Anda dianjurkan untuk mengganti celana dalam sehari 2 kali setelah mandi. Pastikan air yang anda gunakan adalah air yang bersih dan jangan mencoba untuk menggunakan sabun pembersih kewanitaan. Karena pada sabun tersebut terdapat zat berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan kadar pH vagina.
  7. Mengkonsumsi makanan yang bergizi
    Penderita kista harus menghindari makanan yang memiliki kandungan kalori yang tinggi, alkohol, soda, makanan yang mengandung pengawet, dan daging merah. Sebaiknya anda mengkonsumsi sayuran seperti Brokoli dan juga buah-buahan seperti buah naga,tomat dan delima. Karena buah-buahan tersebut mengandung lycopene yang dapat membantu untuk mengatasi kista secara alami. Selain itu, sebaiknya anda juga melakukan olahraga secara rutin. Agar tidak terjadi penumpukan kalori dan membuat tubuh menajdi lebih segar.
  8. Mengkonsumsi Walatra Jelly Gamat
    Produk ini terbuat dari ekstrak teripang emas yang diolah secara modern menggunakan teknologi NANO. Teripang emas mengandung Philinopside E yang dapat membantu untuk menghambat perkembangan kista dan menghancurkannya secara alami. Selain itu, zat tersebut juga dapat mencegah terjadinya kanker.

Walatra Jelly Gamat juga telah terdaftar di BPOM dan mempunyai sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia. Ada masih ragu atau ingin mengetahui informasi lengkap produk dan cara pemesanan walatra Jelly Gamat ? silahkan klik tautan berikut –> Obat Penghancur Kista di Apotik

 

Baca juga :

Kista Ginjal

Jenis-jenis Kista

Obat Kista Epidermoid

Penjelasan Tentang Kista Ganglion 

Obat Kista Bartholin di Apotik 

 

Kista bartholin Benjolan pada vagina Benjolan pada kelamin

Tips Mengobati Kista Bartholin

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*